Mengenal Proses Kerusakan Hard Driver di Komputer

Salam Sobat......
Kali ini GFT ngajak Sobat setia GFT untuk belajar Teknisi Komputer, pada postigan terdahulu GFT sudah berbagi ilmu komputer berjudul "Mengenal Hard Drive ( Hardist ) di Komputer" nah sekarang kita teruskan postingan tersebut dengan judul "Mengenal Proses Kerusakan Hard Driver di Komputer", dengan mengenal proses kerusakan Hard Driver ini kita akan bisa waspada dan lebih berhati-hati dalam bertindak sehingga kerusakan Hard Driver bisa di antisipasi.

Lanjut........

Sebuah hard disk drive terdiri dari satu atau lebih platter, disk berputar yang berisi trek informasi magnetik. Piringan ini berputar dan dibaca oleh alat baca/tulis yang disebut sebagai head yang melayang-layang di atas permukaan disk di atas bantalan udara yang diciptakan oleh kecepatan rotasi piringan itu. Head ini melekat pada sebuah angker yang dapat memindahkannya diatas permukaan disk, diaktifkan oleh kumparan magnetik.

Putaran piringan bergerak sangat cepat dan tepat. Putaran piringan ini umumnya berkisar 5400 atau 7200 RPM, dan gerakan head membaca/menulis pada wilayah yang terpisah dari disk juga sangat cepat. Hard disk akan gagal pada akhirnya karena mereka adalah alat mekanis, dan dengan demikian, bisa menjadi usang dan loyo. Alasan yang paling mungkin tentang kegagalan drive sebelum waktunya bagaimanapun, adalah kerusakan fisik. Jika dalam drive mengalami goncangan fisik ketika sedang aktif (berarti bahwa ketika head sibuk membaca atau menulis data pada permukaan platter) ada kemungkinan bahwa head akan membuat sentuhan fisik dengan permukaan piringan, kejadian ini dapat menyebabkan semua jenis masalah. Harap dipahami bahwa walaupun head sangat rapat dengan piringan namun keduanya tidak dan tidak boleh bersentuhan langsung.

Jika itu terjadi maka peristiwa itu disebut “Head-crash” yang dapat merusak keduanya, baik head maupun permukaan piringan. Dan jika permukaan piringan sudah tergores, itulah tanda-tanda bencana data akan datang.  Untungnya, drive modern terlindung dengan baik terhadap jenis kerusakan itu ketika head bergerak. Semua hard drive yang diproduksi di dekade terakhir atau lebih baru dapat melindungi diri mereka sendiri secara otomatis ketika piringan berputar di dekat head readwrite, dan head turun pada wilayah yang aman ketika piringan berhenti.

Sebuah drive yang rusak secara fisik sangat sulit diperbaiki, bahkan lebih baik diganti saja. Untuk alasan ini, Anda harus menghindari menggerakkan komputer Anda ketika sedang diaktifkan. Kebanyakan hard disk laptop mempunyai pelindung getaran namun mereka masih dapat dipengaruhi oleh kekuatan goncangan fisik. Kegagalan motor drive atau bantalan juga dapat menyebabkan kinerja lambat atau kesalahan baca/tulis data karena piringan berputar perlahan-lahan atau berputar pada kecepatan yang salah.

Bagian dalam Hard drive adalah hampa udara, artinya tidak boleh ada bocoran dari luar sehingga udara masuk. Hampa udara ini untuk memberikan suasana internal yang diperlukan untuk menjaga stabilitas head membaca/menulis dan melayang-layang di atas permukaan disk dengan stabil. Sebuah kebocoran penyaringan udara dapat memungkinkan partikel masuk ke dalam mekanisme drive, yang dengan cepat dapat menyebabkan kerusakan besar data Sobat. Kegagalan mekanik disk, atau kerusakan fisik yang ditimbulkan itu akan hampir pasti menimbulkan masalah perangkat lunak terkait, umumnya menuju ke bad sector.

Demikian sobat postingan Mengenal Proses Kerusakan Hard Driver di Komputer kali ini semoga ada manfaat bagi sobat sekalian, sekedar info postingan ini aku dapat dari ebook karya Bapak Agus Sale S.Pd beliau memiliki produk ebook Teknisi Komputer yang sungguh lengkap dan terpercaya beliau menjual ebooknya secara Online di www.qbonk.com.

Jika sobat ingin lebih mengenal dan lebih dalam mempelajari tentang Teknisi Komputer saya pribadi akan membagikan E-book ini secara gratis silahkan Download gratis di link berikut :

Terima kasih salam sukses buat kita semua......





Ingin Belajar Bisnis Online..... "Disini Tempatnya"
 
Rahasia Master SEO

Artikel Terkait

Share this post :

+ komentar + 1 komentar

23 Juli 2015 pukul 19.05

Terima kasih mas untuk ilmunya yg sangat bermanfaat

Posting Komentar

Kalo Postingan ini ada manfa'at atau menghibur
silahkan komentar, dengan syarat tidak SPAM !!. terima kasih....

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!
Product Image

close

Gratis E-book

iklan 160 x 600




hosting

Popular Post

Pengikut

Traffict Blog

Recent Comments


share
 
Support : PasarOnlineBanyuwangi.com | UndanganQ | Mas Template
Copyright © 2011. GratisFullTain | Download Software & Ebook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger