Apa itu Jaringan Komputer

Salam Sobat....
Alhamdulillah bisa ngeposting lagi, maaf sebelumnya beberapa mnggu ini gak ngeposting sama sekali maklumlah lagi ada kesibukan d dunia nyata hehe...

terakhir aku posting artikel berjudul Mengenal Proses Kerusakan Hard Driver di Komputer Jika minat slahkan di baca artikelnya...

Apa itu jaringan komputer? Sebuah jaringan komputer, sering hanya disebut sebagai jaringan, adalah kumpulan komputer dan perangkat interkoneksi oleh saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi dan memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi antara perangkat yang saling berhubungan.

Secara lebih sederhana, jaringan komputer adalah koleksi dari dua atau lebih komputer yang
dihubungkan bersama-sama untuk tujuan berbagi informasi, dan sumber daya, antara satu sama lain. Jaringan komputer atau komunikasi data (Datacom) adalah disiplin rekayasa yang bersangkutan dengan jaringan komputer.

Jaringan komputer kadang-kadang dianggap sebagai sub-disiplin teknik listrik, telekomunikasi, ilmu komputer, teknologi informasi dan atau rekayasa komputer, karena sangat bergantung pada aplikasi teoritis dan praktis dari disiplin ilmu dan rekayasa. Misi pertama dalam menciptakan jaringan rumah Anda adalah untuk membiasakan diri dengan jaringan dan bagaimana jaringan komputer menguntungkan bisnis Anda dan keluarga, jenis jaringan komputer yang dapat dibangun, teknologi dan produk apa yang digunakan. Anda harus merencanakan ini sebelum belanja di toko komputer. Saya sarankan mungkin satu atau dua jam untuk membaca minibook ini dan kemudian mengkaji keinginan dan kebutuhan untuk situasi khusus Anda. Dalam bab ini, Anda menemukan manfaat dari memiliki jaringan komputer baik di rumah, kantor dan laboratorium komputer lalu memulai pekerjaan anda.

1. Sejarah Jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai bervariasi sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminalterminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN (Wide Area Network).

2. Manfaat Jaringan Komputer

Pertanyaan pertama adalah: Apa manfaat jaringan komputer? Jaringan yang dikenal sebagai kumpulan komputer yang saling berhubungan melalui beberapa cara dengan tujuan berbagi data dan transfer informasi. Istilah teknis untuk jenis jaringan komputer yang digunakan di rumah-rumah dan bisnis adalah LAN (Local Area Network). Bisnis telah menggunakan LAN untuk jangka waktu yang lama, lebih dari 20 tahun.

Jika Anda tidak akrab dengan istilah LAN, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda belum mendengar tentang LAN sebelum sekarang? Sebelumnya keluarga anda mungkin tidak punya dua komputer (setidaknya, 2 orang yang bekerja) setidaknya sampai akhir 1990an, sehingga menciptakan jaringan adalah tidak memungkinkan sebelum itu. Dengan meningkatnya koneksi internet kecepatan tinggi, jaringan komputer menjadi lebih mudah dan praktis, menguntungkan, dan dibutuhkan oleh individu, keluarga, dikantor dll.

Manfaat yang bisa Anda nikmati dari menghubungkan komputer dan menciptakan jaringan rumah, meliputi:
1) Berbagi koneksi Internet kecepatan tinggi: Daripada hanya memasukkan satu komputer ke koneksi internet kecepatan tinggi (DSL, kabel, ISDN, atau apapun yang Anda gunakan), Anda dapat menggunakan jaringan komputer untuk mendistribusikan akses ke semua komputer.

2) Berbagi file: Pada jaringan komputer, Anda tidak akan harus menggunakan disk yang 3,5-inci floppy yang sudah tua atau membakar CD atau menggunakan flash drive untuk mendapatkan file dari satu komputer ke komputer lain. Sebaliknya, Anda dapat melihat dan mengakses semua file dari semua komputer dari komputer masing-masing. Mentransfer file antara PC dalam jaringan hanya membutuhkan cukup klik atau drag dan drop, atau copy dan paste, dan selesai.

3) Berbagi printer: jaringan komputer juga dapat membantu Anda berbagi printer di antara semua komputer. Ini jika Anda memiliki komputer lebih banyak dari printer. Anda dapat mencetak pekerjaan ke printer dari komputer manapun.

4) Bermain game multiplayer: Anda dapat bermain game multiplayer dengan orang lain pada jaringan komputer. Satu pemain bisa di PC ruang keluarga, dan yang lainnya bisa ruangan lain dengan laptop nirkabel. Sebuah jaringan komputer juga akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk menempatkan video game konsol online, sehingga dapat bermain dengn orang lain di seluruh dunia.

5) Berbagi Multimedia: Dalam jaringan komputer, kita dapat mentransfer dan berbagi foto dengan Wi-Fi ataupun wired LAN dari kamera digital Anda atau bingkai foto digital.

6) Meningkatkan hiburan: Sebuah jaringan komputer misalnya dirumah juga dapat membuka jalan baru untuk hiburan. Jaringan media player dan kotak TiVo dapat memberikan akses musik online dan layanan dari TV Anda. Sling Media memungkinkan Anda mengakses pemrograman audio/video dengan sumber dari Internet di mana saja di dunia.

Ok sobat, postingan "Apa itu Jaringan Komputer" ini cuplikan yang aku ambil dari ebook teknisi komputer Karya Bapak Agus Sale S.Pd yang memilik wabsite Toko online qbonk. semoga manfaat bagi sobat sekalian buat menambah pengetahuan tentang Jaringan Komputer lebih detai tetang Ilmu Jaringan Komputer ini silahkan sobat beli Ebook tutorialnya disini.


Daftar Isi Ebook Jaringan Komputer

CHAPTER 1 MENGENAL JARINGAN KOMPUTER
1. Sejarah Jaringan Komputer
2. Manfaat Jaringan Komputer
3. Topologi Jaringan komputer
4. Membedakan Jenis Jaringan Komputer
5. Memahami Lebih Mendalam Beberapa Jalur Jaringan Komputer
6. Sistem Operasi Baru dan Jaringan Komputer
7. Berkenalan dengan Antarmuka Jaringan Windows XP

CHAPTER 2 HARDWARE JARINGAN KOMPUTER
1. Komputer Server
2. Ethernet Hub
3. Ethernet Switch
4. Routers
5. Network Repeater
6. Network Bridges
7. Network Adapter
8. Wireless Network Interface Controller
9. Modems
10. Networking Cable
11. Hardware Firewall
12. Stand Alone Wireless Access Point (WAP)

CHAPTER 3 INSTALASI PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
1. Persiapan Peralatan Kerja
2. Menyiapkan Perangkat Keras Jaringan
3. Langkah kerja pemasangan perangkat keras
4. Penempatan Komputer Server
5. Pemasangan Kompter Server Pada Hub/Switch
6. Pemasangan Komputer Klien pada LAN kabel
7. Penempatan HUB/Switch
8. Penempatan dan Pemasangan Router

CHAPTER 4 INSTALASI PERANGKAT LUNAK JARINGAN KOMPUTER
1. Instalasi Sistem Operasi
2. Cara Set Computer Name dan Workgroup pada Windows XP
3. Pengaturan Network Connections
4. Cara Konfigurasi TCP / IP Address Pada Komputer Server
5. Cara Konfigurasi TCP / IP Address Pada Komputer Klien
6. Cara Konfigurasi TCP / IP Address Printer Server
7. Cara Konfigurasi TCP / IP Address Wireless Router
8. Pengaturan Software Warnet Pada jaringan Komputer

CHAPTER 5 KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER
1. Klasifikasi Keamanan Jaringan Komputer
2. Macam-Macam Serangan Jaringan Komputer
3. Membangun Sistem Keamanan Jaringan Komputer Yang Kuat

CHAPTER 6 MELAKUKAN KONEKSI PADA JARINGAN
1. Melakukan Koneksi Jaringan Kabel
2. Melakukan Koneksi Jaringan Wireless
3. Memeriksa Status Koneksi Jaringan
4. Set Up dan Tes Remote Desktop Pada Windows
5. Set Up dan Tes Remote Desktop Web Connection

CHAPTER 7 PENGATURAN SHARING DALAM JARINGAN
1. Menginstall [File and Printer Sharing] Pada Windows XP
2. Sharing File Dan Folder Dalam Jaringan
3. Sharing Drive Dalam Jaringan
4. Advanced File Sharing
5. Sharing Koneksi Internet Dalam Jaringan Kabel Melalui Komputer Server
6. Sharing Koneksi Internet Dalam Jaringan Kabel Tanpa Melalui Komputer Server
7. Setting Komputer Ad Hoc Wireless Network
8. Pemetaan Drive Sharing Dalam Jaringan
9. Membuat Folder Sharing Bisa Diakses Secara Offline
10. Mengakses File dan Folder Sharing
11. Mengakses dan Bekerja Dengan Offline Files


CHAPTER 8 TROUBLESHOOTING JARINGAN KOMPUTER
A. Troubleshooting Koneksi Jaringan Lokal
B. Troubleshooting File and Printer Sharing in Microsoft Windows XP
C. Network Troubleshooting Commands
D. Troubleshooting Diagnostic Tools



Ingin Belajar Bisnis Online..... "Disini Tempatnya"
 
Rahasia Master SEO

Artikel Terkait


:))   ;))  ;;)   :D  ;)   :p  :((  :)  :(   :X  =((  :-o  :-/  :-* 
:|  8-}   :)]  ~x(  :-t  b-(  :-L  x(    =))
Share this post :

Posting Komentar

Kalo Postingan ini ada manfa'at atau menghibur
silahkan komentar, dengan syarat tidak SPAM !!. terima kasih....

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!
Product Image

close

Gratis E-book

iklan 160 x 600




hosting

Popular Post

Pengikut

Traffict Blog

Recent Comments


share
 
Support : PasarOnlineBanyuwangi.com | UndanganQ | Mas Template
Copyright © 2011. GratisFullTain | Download Software & Ebook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger