Planet baru Orbit Backwards



PDF

Planet Terbaru


Ringkasan: Para ilmuwan telah menemukan sebuah planet baru yang mengorbit bintang inangnya mundur. Temuan ini melemparkan cahaya baru tentang bagaimana sistem planet bentuk dan berevolusi.

Huge new planet tells of game of planetary billiards

Sebuah tim ilmuwan telah menemukan sebuah planet baru yang mengorbit di sekitar bintang cara yang salah inangnya. Planet, bernama WASP-17, dan mengorbit sebuah bintang 1000 tahun cahaya jauhnya, ditemukan oleh proyek WASP Inggris bekerjasama dengan Observatorium Jenewa. Penemuan, yang melemparkan cahaya baru tentang bagaimana bentuk dan sistem planet berevolusi, diumumkan 12 Agustus dalam sebuah makalah disampaikan kepada Astrophysical Journal.
Karena planet-planet terbentuk dari awan gas yang sama berputar-putar yang menciptakan bintang, mereka
Planet diperkirakan terbentuk dari disk gas dan debu yang mengorbit bintang-bintang, dan biasanya orbit pada arah yang sama bahwa bintang berputar.
Kredit: NASA / JPL-Caltech

diharapkan untuk mengorbit dalam arah yang sama bahwa bintang berputar. Mahasiswa pascasarjana David Anderson, dari Keele University, dan Amaury Triaud, Observatorium Jenewa, terkejut menemukan bahwa WASP-17 adalah mengorbit dengan cara yang salah, sehingga planet pertama yang diketahui memiliki orbit''`` retrograde. Penjelasan mungkin adalah bahwa WASP-17 terlibat dalam tabrakan dekat dengan planet lain di awal sejarahnya.

WASP-17 tampaknya telah menjadi korban permainan biliar planet, melemparkan ke orbit yang tidak biasa dengan pertemuan dekat dengan planet `` besar''saudara. Profesor Coel Hellier, dari Keele University, mengatakan: "Shakespeare mengatakan bahwa dua planet tidak bisa lagi menempati orbit yang sama dari dua raja dapat memerintah Inggris; WASP-17 menunjukkan bahwa dia benar."

Bulan kita diperkirakan telah terbentuk ketika sebuah planet seukuran Mars bertabrakan dengan Bumi yang baru terbentuk.
Gambar Copyright Fahad Sulehria, 2005,www.novacelestia.com
David Anderson menambahkan "sistem tata surya yang baru terbentuk dapat menjadi tempat kekerasan. Bulan kita sendiri diperkirakan telah dibuat ketika sebuah planet seukuran Mars bertabrakan dengan Bumi yang baru terbentuk dan mengangkat puing-puing awan yang berubah menjadi bulan. Sebuah tabrakan dekat selama tahap, awal kekerasan dari sistem planet bisa saja menyebabkan katapel gravitasi, melemparkan WASP-17 ke orbit mundur nya. "

Tanda pertama bahwa WASP-17 tidak biasa adalah ukurannya yang besar. Meskipun hanya setengah massa Jupiter itu membengkak menjadi hampir dua kali ukuran Jupiter, sehingga planet terbesar yang diketahui.

Para astronom telah lama bertanya-tanya mengapa beberapa ekstra-solar planet yang jauh lebih besar dari yang diharapkan, dan WASP-17 poin penjelasan. Tersebar ke orbit, sangat elips retrograde, itu akan menjadi sasaran pasang intens. Kompresi pasang surut dan peregangan akan dipanaskan planet gas raksasa dengan arus luasnya, sangat membengkak. "Planet ini hanya sebagai padat seperti polystyrene diperluas, tujuh puluh kali kurang padat dibandingkan planet kita berdiri di", catatan Hellier.

Profesor Keith Mason, Kepala Eksekutif dari Sains dan Teknologi Fasilitas Council, yang mendanai penelitian itu, mengatakan, "Ini adalah baru yang menarik menemukan dan lain kemenangan bagi tim WASP. Tidak hanya mereka menemukan planet-planet yang jauh terpencil dan misterius, tetapi mengungkapkan lebih tentang bagaimana sistem planet, seperti tata surya kita, terbentuk dan berevolusi. Tim WASP telah membuktikan sekali lagi mengapa proyek ini saat ini proyek Dunia paling sukses mencari planet transit. "

WASP-17 adalah planet ekstrasurya yang baru 17 (planet di luar tata surya kita) yang ditemukan oleh Search Wide Area untuk Planet (WASP) konsorsium universitas di Inggris. Tim WASP dideteksi planet menggunakan sebuah array dari kamera yang memantau ratusan ribu bintang, mencari dips kecil dalam cahaya mereka ketika sebuah planet transit di depan mereka. Observatorium Jenewa kemudian diukur massa WASP-17, menunjukkan bahwa itu adalah hak untuk massa planet. Para WASP-Selatan Kamera array yang menyebabkan penemuan WASP-17 ini diselenggarakan oleh Observatorium Astronomi Afrika Selatan.






Share this post :

Posting Komentar

Kalo Postingan ini ada manfa'at atau menghibur
silahkan komentar, dengan syarat tidak SPAM !!. terima kasih....

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!
Product Image

close

Gratis E-book

iklan 160 x 600




hosting

Popular Post

Pengikut

Traffict Blog

Recent Comments


share
 
Support : PasarOnlineBanyuwangi.com | UndanganQ | Mas Template
Copyright © 2011. GratisFullTain | Download Software & Ebook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger