Makna Tahun Baru Imlek bagi Orang Cina


Tahun Baru Cina, atau Festival Musim Semi sudah ada sejak abad ke-20, tetap hari libur sosial dan ekonomi yang paling penting di Cina. Awalnya terikat pada kalender lunar-surya Cina, liburan adalah waktu untuk menghormati rumah tangga dan dewa surgawi serta nenek moyang. Ini juga merupakan waktu untuk membawa keluarga bersama-sama untuk berpesta. Dengan adopsi populer di Cina kalender Barat pada tahun 1912, Cina bergabung dalam merayakan 1 Januari sebagai Hari Tahun Baru. China, bagaimanapun, terus untuk merayakan Tahun Baru tradisional Cina, meskipun dalam versi yang lebih pendek dengan nama-baru Festival Musim Semi. Secara signifikan, generasi muda Cina kini mengamati liburan dengan cara yang sangat berbeda dari nenek moyang mereka. Untuk beberapa orang muda, liburan telah berkembang dari sebuah kesempatan untuk memperbaharui hubungan keluarga untuk kesempatan untuk relaksasi dari pekerjaan.

Kalender Cina Kuno

Kalender Cina kuno, di mana Tahun Baru Cina didasarkan, berfungsi sebagai panduan, agama dinasti dan sosial. Oracle tulang bertuliskan catatan astronomi menunjukkan bahwa ada setidaknya awal abad ke-14 SM, ketika Dinasti Shang berkuasa. Struktur kalender itu tidak statis: Itu ulang sesuai dengan yang memegang kekuasaan kaisar dan bervariasi digunakan menurut wilayah.

Kalender Cina adalah arloji yang kompleks. Parameter yang ditetapkan sesuai dengan fase lunar serta
solstices matahari dan ekuinoks. Yin dan yang, prinsip-prinsip menentang tetapi saling melengkapi yang membentuk sebuah dunia yang harmonis, juga memerintah kalender, seperti yang dilakukan zodiak Cina, siklus dua belas stasiun atau "tanda" di sepanjang jalan yang tampak dari matahari melalui kosmos. Setiap tahun baru ditandai oleh karakteristik salah satu dari 12 hewan zodiak: tikus, sapi, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing dan babi.
 
Tahun Baru China Tradisional
Periode Tahun Baru Cina dimulai pada pertengahan bulan 12 dan berakhir sekitar pertengahan bulan pertama dengan waxing bulan purnama. Kepatuhan pada periode Tahun Baru secara tradisional dibagi menjadi Malam Tahun Baru dan hari-hari pertama tahun baru.

Tradisional untuk Tahun Baru Cina adalah festival paling penting di kalender. Perhatian seluruh rumah tangga itu tetap pada perayaan. Selama waktu ini, kehidupan bisnis datang hampir berhenti. Rumah dan keluarga adalah fokus utama. Dalam persiapan untuk liburan, rumah itu benar-benar dibersihkan untuk membebaskan mereka dari "huiqi," atau napas menguntungkan, yang mungkin telah dikumpulkan selama tahun. Pembersihan juga dimaksudkan untuk menenangkan para dewa yang akan turun dari surga untuk melakukan inspeksi. Ritual pengorbanan ikon makanan dan kertas ditawarkan kepada dewa dan leluhur. Orang diposting gulungan dicetak dengan pesan beruntung pada gerbang rumah tangga dan menyalakan petasan untuk menakut-nakuti roh-roh jahat. Sesepuh memberikan uang kepada anak-anak. Bahkan, banyak ritus yang dilakukan selama periode ini dimaksudkan untuk membawa keberuntungan kepada rumah tangga dan umur yang panjang kepada keluarga-terutama untuk orang tua.

Paling penting adalah pesta tersebut. Pada Malam Tahun Baru, keluarga besar akan bergabung di meja untuk makan yang termasuk sebagai kursus bertahan ikan yang merupakan simbol kelimpahan dan karena itu tidak dimaksudkan untuk dimakan. Dalam lima hari pertama Tahun Baru, orang makan mie panjang untuk melambangkan umur panjang. Pada hari ke-15 dan terakhir dari Tahun Baru, pangsit bulat berbentuk seperti bulan purnama dibagikan sebagai tanda dari unit keluarga dan kesempurnaan.
 
Evolusi Festival Musim Semi

Gaya Barat kalender Gregorian tiba di China bersama dengan para misionaris Jesuit di 1582. Hal ini mulai digunakan oleh masyarakat umum tahun 1912, dan Hari Tahun Baru secara resmi diakui sebagai terjadi pada tanggal 1 Januari. Dimulai pada tahun 1949, di bawah pemerintahan Partai Komunis pemimpin Cina Mao Zedong (1893-1976), pemerintah melarang perayaan Tahun Baru tradisional Cina dan mengikuti kalender Gregorian dalam berurusan dengan Barat. Tetapi pada akhir abad ke-20, para pemimpin China lebih bersedia untuk menerima tradisi Cina. Pada tahun 1996, Cina mengadakan liburan seminggu selama liburan-sekarang disebut Spring Festival-memberikan orang kesempatan untuk perjalanan pulang dan merayakan tahun baru.

Pada awal abad 21, banyak keluarga Cina menghabiskan sejumlah besar pendapatan tambahan mereka merayakan Festival Musim Semi dengan simbol tradisional dan makanan. Mereka juga menghabiskan waktu menonton televisi Festival Musim Semi Gala: sebuah variety show yang menampilkan penyanyi tahunan tradisional dan kontemporer, penari dan demonstrasi sihir. Meskipun ritus liburan tidak lagi memiliki nilai religius, orang tetap peka terhadap hewan zodiak sejauh bahwa mereka menganggap apa yang, misalnya, tahun tikus mungkin berarti bagi kekayaan pribadi mereka atau untuk anak yang lahir pada waktu itu.

Perubahan sikap terhadap Festival Musim Semi telah terjadi pada orang muda Cina, dengan mahasiswa Cina melaporkan bahwa mereka lebih suka surfing di Internet, tidur, menonton TV atau menghabiskan waktu bersama teman-teman untuk merayakan bersama keluarga. Mereka juga melaporkan tidak menyukai makanan tradisional Tahun Baru seperti kue dan kue beras ketan. Dengan perubahan yang nama dari Tahun
Baru Cina untuk Spring Festival, untuk beberapa anggota dari generasi muda liburan telah berkembang dari sebuah kesempatan untuk memperbaharui hubungan keluarga untuk kesempatan untuk relaksasi dari pekerjaan



Share this post :

Posting Komentar

Kalo Postingan ini ada manfa'at atau menghibur
silahkan komentar, dengan syarat tidak SPAM !!. terima kasih....

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!
Product Image

close

Gratis E-book

iklan 160 x 600




hosting

Popular Post

Pengikut

Traffict Blog

Recent Comments


share
 
Support : PasarOnlineBanyuwangi.com | UndanganQ | Mas Template
Copyright © 2011. GratisFullTain | Download Software & Ebook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger