Domain dan Hosting Gratis


Membuat Blog dengan Domain dan Hosting Gratis
        
       Apa yang dimaksud dengan membuat Blog gratis? Bukankah pada pembahasan sebelumnya sudah membuat blog gratis pada penyedia blog? Memang, pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan proses pembuatan blog pada penyedia blog. Kemudian dibahas pula proses pembuatan blog berbayar dengan cara membeli domain dan hosting.

       Pembahasa kali ini adalah membuat domain dan hosting gratis untuk blog yang akan dibuat. Ada beberapa penyedia domain dan hosting gratis dengan kapasitas penyimpanan data yang cukup besar. Proses pembuatannya pun relatif mudah, cukup mengisi formulir yang disediakan maka dalam dua hari domain dan hosting dapat dimiliki secara gratis.

Membuat Domain dan Hosting Gratis
1.      Langsung saja, pertama kali mendaftarkan domain pada website penyedia domain gratis dan hosting gratis di http://www.blinxer.com. Kemudian klik sebuah link untuk registrasi.
proses11
2.       Masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan. Perlu diingat, pada kolome Username akan digunakan sebagai alamat website. Jika Username-nya slametriyanto maka alamat websitenya adalah http://slametriyanto.blinxer.com. Dan pastikan alamat email yang digunakan masih aktif karena informasi aktifasi akan dikirim melalui email tersebut. Jika sudah yakin, klik tombol Registered.
proses21
3.       Jika muncul sebuah informasi untuk konfirmasi, klik tombol Click Me to Continue. Selanjutnya akan muncul verifikasi. Masukkan kode yang nampak ke kolom yang disediakan. Jika salah memasukka kode maka proses registrasi tidak akan dilanjutkan. Jika sudah yakin, klik tombol Register untuk melanjutkan.
proses31
4.      Sebuah informasi muncul, bahwa akun aktifasi telah dikirimka melalui email.
proses41
5.      Periksa email Anda, kemudian klik sebuah link untuk aktifasi.
proses51
6.      Informasi tentang hosting telah dibuat, lengkap dengan nama pengguna untuk database, FTP, dan nama domain yang telah didaftarkan. Pada bagian paling atas terdapat informasi bahwa proses pembuatan domain dan hosting $0 alias gratis.
prosess6
7.      Simpan informasi tersebut dengan cara mengklik teks Saved. File akan tersimpan dalam bentuk PDF.
prosess7
8.      Setelah tersimpan, klik link Click here to log into your VistaPanel untuk masuk ke Vista Panel. Tampilan halaman utama Vista Panel seperti nampak pada gambar berikut.
prosess8

Membuat Database

Setiap web dinamis pasti memiliki sebuah database untuk menyimpan data, baik berupa teks, gambar, maupun file lainnya. Begitu pula dengan blog yang dibuat menggunakan Wordpress sebagai aplikasinya. Sebelum melakukan instalasi wordpress secara online, terlebih dulu harus membuat database.
1.      Langsung saja, untuk membuat database klik link MySQL databases.
proses1-b
2.      Masukkan nama database, misal: myblog kemudian tekan tombol Create database. Database baru telah terbentuk. Perhatikan, nama database secara otomatis ditambahkan. Mengapa begitu ? Karena hosting dan domain yang kita daftarkan bersifat gratis dan sebagai sub domain.
proses2-b
3.      Perhatikan, informasi pengguna untuk FTP dan MySQL. Informasi tersebut akan digunakan saat melakukan instalasi Wordpress.
proses4-b

Menginstal Wodpress

Setelah semua informasi didapatkan, langkah selanjutnya adalah menginstal Wordpress secara online melalui fasilitas layanan Fantastico.
1.      Klik sebuah link Fantastico type installer untuk memilih beberapa layanan script untuk berbagai kebutuhan berdasarkan kategori script.
proses1-c
2.      Terdapat beberapa script untuk membangun website.
proses2-c
3.      Pilih Wordpress 2.7.1. lalu tekan link Clik to Install.
proses3-c
4.      Klik tombol Complete Install.
proses4-c
5.      Proses instalasi dimulai, masukkan nama database, nama pengguna, password, dan database host. Dari mana informasi tersebut didapat? Jawabnya: dari informasi Vista Panel. Jika sudah yakin, klik tombol Submit.
proses5-c
6.      Tunggu beberapa saat, sistem akan mengubungkan ke database. Jika berhasil, maka muncul informasi untuk melanjutkan proses instalasi. Klik tombol Run the Install.
prosess6-c
7.      Masukkan informasi untuk Blog yang telah dibuat lalu klik tombol Install Wordpress.
prosess7-c
8.      Proses instalasi berhasil. Secara default, username = admin dan password dibuat secara random. Ingat! Catatlah password agar tidak lupa saat ingin masuk ke halaman admin.
prosess8-c
9.      Tampilan standar halaman utama blog Anda menggunakan Wordpres

Silahkan Download Ebooknya





Share this post :

+ komentar + 3 komentar

24 November 2011 pukul 12.40

terima kasih dah masang bannger saya di sini, bannger blog ini juga sudah saya pasang, silakan di cek. semoga sukse selalu

25 November 2011 pukul 06.34

wah, bagus banget tipsnya...
tapi sayang, sya sudah terlanjur membelinya.. :P

btw, header anda bagus,,,
ada animasinya :D

26 November 2011 pukul 07.39

Ok all makasih....

Posting Komentar

Kalo Postingan ini ada manfa'at atau menghibur
silahkan komentar, dengan syarat tidak SPAM !!. terima kasih....

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!
Product Image

close

Gratis E-book

iklan 160 x 600




hosting

Popular Post

Pengikut

Traffict Blog

Recent Comments


share
 
Support : PasarOnlineBanyuwangi.com | UndanganQ | Mas Template
Copyright © 2011. GratisFullTain | Download Software & Ebook - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger